Sabtu, 19 Juni 2010

BEBERAPA TIPS KESELAMATAN DIRI

BATURAJA, Berikut ini adalah beberapa tips sederhana dalam keselamatan diri anda. Ingat, pelanggaran --baik itu pelanggaran kejahatan ataupun pelanggaran-pelanggaran lainnya-- dapat terjadi karena ada nya kesempatan.

Kewaspadaan - Awareness:

Perhatikan situasi dan kondisi sekitar anda, buka mata dan buka telinga. Jika anda berada di tempat yang asing buat anda, ketahui segera dimana letak pos keamanan terdekat, ketahui dimana pintu keluar dan pintu masuk, dan rencanakan langkah-langkah penyelamatan diri jika terjadi sesuatu. Utamakanlah keselamatan anda. Ikuti naluri atau firasat anda. Jangan gunakan asumsi anda dalam menilai orang-orang di lingkungan yang asing. Jika perlu pancinglah agar mereka melakukan sesuatu yang bisa anda pastikan, daripada anda berasumsi.

Pencegahan lebih baik :

Cegah atau hindari segala sesuatu yang memungkinkan mengakibatkan bahaya pada diri anda. Jika anda menemui kejanggalan pada sesuatu, jangan tunda untuk segera melapor kepada petugas keamanan dan mintalah dia untuk menindak lanjutinya. Hindari pula berada di tempat-tempat yang rawan dan berbahaya apabila memang tidak perlu.

Gaya hidup :

Ubah kebiasaan atau gaya hidup anda agar tidak menjadi risky lifestyle. Penampilan anda, apa yang anda kenakan, apa yang anda bawa, sebaiknya dibuat sesederhana mungkin dan tidak menarik perhatian pelaku kejahatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar